Selamat Datang

Sejarah Partai-Partai di Australia - Sejarah Australia

0 komentar

Partai Liberal
Awalnya partai ini dibentuk dari penggabungan kalangan Proteksionis dan partai-partai Perdagangan Bebas pada tahun 1910. Partai yang didirikan olah mantan Perdana Menteri Robert Menzies -Perdana Menteri terlama dalam sejarah Australia-- ini telah mengalami beberapa kali perubahan, yang klimaksnya terjadi dewasa ini. Menzies menjabat Ketua Umum partai ini sejak 1944 hingga 1966 dan menjabat Perdana Menteri Australia selama tiga periode. Partai Liberal berkuasa dan menjalankan pemerintahan dengan koalisinya, Partai Nasional selama 35 tahun sejak 51 tahun terakhir. Sekarang partai ini dipimpin oleh John Howard. Partai ini memegang kekuasaan di Australia sejak tahun 1996 dengan berkoalisi bersama Partai Nasional. Dalam pemilihan federal tahun 2007, partai ini dikalahkan oleh Partai Buruh Australia yang dipimpin oleh Kevin Rudd.
Partai Nasional      
Awalnya dikenal sebagai Partai Daerah, Partai Nasional selalu meraih kursi di Parlemen Federal sejak 1919. pada tahun 1970-an, partai ini merubah namanya menjadi Partai Daerah Nasional, lalu berubah lagi menjadi Partai Nasional pada tahun 1980an. Dukungan terhadap partai yang basis massanya berada di pedesaan ini cenderung menurun. Meskipun tetap memiliki kekuatan di House of Representatives, serta menjalankan pemerintahan bersama-sama dengan koalisinya, Partai Liberal, partai ini menghadapi tantangan berat dari partai-partai kecil dan kandidat independen pada Pemilu baru lalu.
Partai Buruh Australia (ALP)     
ALP merupakan partai politik tertua di Australia, yang didirikan pada tahun 1890. Partai ini merupakan partai politik satu-satunya yang terus menerus meraih suara di House of Representatives (majelis rendah) sejak tahun 1901. Sepanjang abad 20, ALP mengalami tiga kali perpecahan yang melemahkan posisinya dalam kancah politik Australia. Partai ini memegang kekuasaan Pemerintahan Federal selama sepertiga masa sejak terbentuknya Federasi Australia seratus tahun yang lalu. Pada dasarnya, ideologi Partai Buruh Australia adalah sosialisme yang berpangkal pada ajaran Marxisme yang pada akhirnya menjadi ideology perjuangan buruh industri pada akhir abad lalu. Meski partai buruh pada umumnya digambarkan sebagai partai
demokrasi sosial, konstitusi menetapkan bahwa Partai Buruh Australia beraliransosialis  demokratis. “The light on the hill” adalah ungkapan yang digunakan untuk menjelaskantujuan dari Partai Buruh Australia. Ungkapan itu pertama kali diciptakan dalam pidato konferensi 1949 oleh Perdana MenteriBen Chifley. Partai ini diciptakan dan selaludipengaruhi sampai batas tertentu oleh anggota serikat buruh. Kebijakan-kebijakan yang dihasilkan pada waktu tertentu telah menjadi kebijakan gerakan buruh secara luas.
Partai Demokrat
Pada tahun 1977, Don Chipp, Anggota Liberal DPR dan mantan Menteri, didekati oleh orang-orang dari Partai Australia, Gerakan Liberal Baru dan dari orang perorangan lainnya untuk mengadakan serangkaian pertemuan di seluruh Australia dengan tujuan untuk membentuk partai baru. Setelah serangkaian pertemuan publik di seluruh Australia, resolusi yang telah disahkan dengan suara bulat untuk membentuk partai reformis baru, dan 'Australia Demokrat secara resmi diluncurkan.
Pada tingkat federal, Partai Demokrat Australia telah diwakili di Parlemen selama lebih dari delapan belas tahun. Demokrat pertama yang memasuki Senat adalah Janine Haines, yang dipilih oleh Parlemen Australia Selatan pada bulan Desember 1977 untuk mensukseskan Gerakan Liberal Senator Steele Hall setelah pengunduran dirinya.
The Greens  
The Greens atau Partai Hijau merupakan fenomena yang muncul pada tahun 1980-an seiring dengan gencarnya gerakan sadar lingkungan pada waktu itu, seperti perjuangan menyelamatkan Bendungan Franklin di Tasmania. Partai ini memiliki pengaruh kuat di Parlemen Negara Bagian Tasmania, selain mampu menarik dukungan di Australia Barat dan mendudukkan seorang wakilnya di Senat. Partai ini lebih banyak bergerak pada lingkungan.
Selain itu terdapat juga beberapa partai politik dengan nama yang cukup aneh. Berikut adalah beberapa partai dengan nama dan misi aneh, dan dengan kampanye aneh di Australia.

1. Deadly Serious Party (Partai Serius Banget)         

Deadly Serious Party sebenarnya cuma partai iseng, namun tetap ikut dalam pemilihan umum Australia di tahun 1980an. Haluan partai ini diantaranya mengirimkan sekawanan penguin pembunuh untuk melindungi garis pantai Australia dari invasi Argentina, zaman es, dan penunjukan orang-orang tolol untuk mengisi jabatan-jabatan penting. Tahun 1988, partai ini dicoret dari daftar (deregistered) karena jumlah anggotanya tidak mencukupi dari ketentuan minimal 500 orang.      

2. Sun Ripened Warm Tomato Party (Partai Matahari Mematangkan Tomat Hangat)          
Partai Sun-Ripened Warm Tomato juga adalah partai iseng, yang mengirimkan kandidatnya pada pemilihan Australian Capital Territory Legislative Assembly tahun 1989. Hasilnya? 1,17% suara. Keikutsertaan partai ini dan beberapa partai serupa (misalnya, Party! Party! Party! dan Surprise Party) disebabkan longgarnya undang-undang pendaftaran partai. Akibatnya, UU itu diubah dan partai diharuskan untuk memiliki 100 anggota dan AD/ART agar bisa mendaftar.

Pemilihan tahun 1989 itu sendiri diikuti oleh banyak partai bernama aneh, diantaranya Party! Party! Party!, Family Team (Tim Keluarga), Fair Elections Coalition (Koalisi Pemilihan Adil), Home Rule OK (Aturan Rumah Tangga OK), A Better Idea (Ide Lebih Baik), juga Sleepers Wake (Bangunlah Tukang Tidur).          

Juga ada partai yang namanya seperti nama orang. Tony Spagnolo Independent for Canberra, Frank Crnkovic, Bill Mackey, dan masih banyak partai yang lainya.



Share this article :

Post a Comment

Jika ada hal yang membingungkan mengenai postingan di atas dapat anda tanyakan di kotak komentar di bawah ini....

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Sampah Otak - All Rights Reserved