Selamat Datang

Cara Membuat Calculato Sederhana Menggunakan Visual FoxPro

4komentar

Hallo gan, hari ini saya akan membagikan sebuah code yang digunakan untuk membuat sebuah program calculator sederhana. jika sebelumnya saya telah membagikan sebuah code Program Free Pacal, maka kali ini saya membagikan code Program Visual FoxPro. langsung saja dipraktekin.
1. Hal pertama yang harus agan pikirkan dalam membuat sebuah calculator sederhana adalah tampilan dari calculator yang nantinya agan buat. Dalam membuat calculator sederhana dengan menggunakan Mocrosof Visual FoxPro, agan harus dapat berkreasi sekreatif mungkin, agar tampilan dari calculator yang nantinya agan buat dapat diminati oleh banyak orang. Disini saya akan memberikan contoh tampilan calculator yang telah saya buat.
 
Tampilan diatas merupakan tampilan calculator yang telah saya. agan boleh ikuti tampilan ini dan lebih bagus lagi kalau agan punya tampilan calculator yang lbih bagus lagi.
2. Setelah tampilan calculator selesai agan buat, maka tahap selanjutnya dalam pembuatan calculator sederhana adalah pemberian perintah. untuk perintah tombol 1 harus memasukkan kode di bawah ini.
Ingat ini adalah code untuk tombol 1, jadi untuk tombol 2 sampai dengan tombol 0 tinggal merubah angka 1 terakhir dengan angka yang sesuai dengan jenis tombol. Contoh jika angka 2 maka code terakhirnya adalah Value+'2'
3. Selanjutnya, memasukkan code dibawah ini untuk tombol tambah, kurang, kali dan bagi.
Code di atas adalah code untuk tombol tambah, jadi untuk code tombol kurang, kali dan bagi tinggal merubah kata "tambah" dengan kata kurang, kali atau pun bagi.
4. Setelah itu, memasukkan code untuk tombol bersih. code yang dibutuhkan sangat simpel yaitu...
5. Selanjutnya code untuk hasil yaitu
6. Setelah memasukkan code untuk tombol hasil, maka selanjutnya adalah tombol untuk keluar.
 
Code diatas sedikit rumit, tapi jika tidak ingin repot, agan boleh saja meggunakan code "thisform.release". Code ini sama saja dengan code yang ada pada gambar, terserah mau pilih yang mana.
7. Setelah selesai memasukkan code untuk semua tombol maka tahap selanjutnya adalah memasukkan code untuk formnya. codenya yaitu
Perhatikan pada bagian prosedur, bukan lagi menggunakan prosedur clik seperti tombol-tombol sebelumnya, untuk code form harus menggunakan prosedur load.

Itulah sedikit mengenai Cara Membuat Calculator Sederhana Menggunakan Microsof isual FoxPro semoga dapat bermanfaat.

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

March 28, 2016 at 11:42 PM

kenapa dihasil nya kalo kita klik muncul variable 'OPERASI' is not found

April 20, 2018 at 9:01 AM

makasih thor sangat membantu

April 20, 2018 at 9:03 AM

Thank you

Post a Comment

Jika ada hal yang membingungkan mengenai postingan di atas dapat anda tanyakan di kotak komentar di bawah ini....

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Sampah Otak - All Rights Reserved